Kelurahan Sumber, Wilayah Kelam yang Kini Berubah Menjadi Area Kediaman Presiden

Tidak banyak yang tahu bahwa kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta Merupakan bekas daerah kelam

Kelurahan Sumber, Wilayah Kelam yang Kini Berubah Menjadi Area Kediaman Presiden
tribunsolo.com/muhammad irfan al amin
Suasana Kantor Kelurahan Sumber. 

Laporan Wartawan Tribunsolowiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

Tokoh Kelurahan Sumber, Bapak Purwanto
Tokoh Kelurahan Sumber, Bapak Purwanto (tribunsolo.com/muhammad irfan al amin)

TRIBUNSOLOWIKI.COM - Kelurahan Sumber saat ini dikenal dengan sebagai desa atau tempat tinggal dari orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa wilayah tersebut dulunya merupakan daerah "gelap" yang merupakan sarang kriminal dan kejahatan.

Hal ini seperti dijelaskan oleh sesepuh kelurahan, Purwanto, yang menyebutkan bahwa di era tahun 1980an masih banyak terjadi perampokan dan pencurian serta tindak kriminal lainnya.

Hal ini dilatar belakangi oleh motif ekonomi yang kala itu sangat rendah, sehingga menimbulkan kesenjangan ekonomi cukup tinggi, antara si kaya dan si miskin.

Bahkan dikisahkan terdapat sebuah pencurian alat timba sumur, dikarenakan kemiskinan yang ada.

Akibat banyaknya tindak kejahatan, tak jarang para masyarakat sering melakukan tindakan persekusi atau main hakim sendiri.

Di tahun 1990an, di kala pemerintahan orde baru akan berakhir, masyarakat mulai menginisiasi adanya kegiatan siskamling, sistem keamanan lingkungan, dan kegiatan tersebut dinilai cukup efektif untuk menjadikan citra negatif Kelurahan Sumber menjadi lebih baik.

Saat ini sistem keamanan telah semakin diperketat, terutama sejak Joko Widodo dilantik menjadi Wali Kota Solo di tahun 2005.

Kegiatan siskamling mulai berkurang dan mulai didominasi oleh Linmas yang berkedudukan di kantor kelurahan.

Selain itu aparat militer dan kepolisian juga menaruh perhatian khusus terhadap kelurahan ini dikarenakan Joko Widodo telah dilantik menjadi presiden sejak 2014.

Pengamanan khusus juga dilakukan oleh Paspampres di sekitar kediaman Joko Widodo dan ini juga menjadikan wilayah Sumber semakin aman.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved