Kisah Sejarah Kelurahan Sumber, Tempat Rumah Jokowi di Solo

Kisah mengenai kampung tempat tinggal Jokowi beserta mitos yang menyertainya

Kisah Sejarah Kelurahan Sumber, Tempat Rumah Jokowi di Solo
TribunSolo.com
Suasana rumah Joko Widodo di Solo 

Laporan Wartawan Tribunsolowiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

Tribunsolowiki.com - Kelurahan Sumber memiliki sejarah tersendiri mengenai asal-usul namanya sehingga dijuluki demikian.

Dikisahkan oleh seorang sesepuh desa setempat, Purwanto, bahwa nama Sumber sendiri dari letak mata air yang berada di wilayah tersebut.

Namun saat ini lokasi telah ditutup, hal ini dikarenakan mata air tersebut terlalu banyak mengeluarkan air sehingga menimbulkan kebanjiran dan penderitaan bagi warga yang tinggal di wilayah itu.

Oleh warga ketika akan ditutup dengan menggunakan alat material namun selalu gagal, hingga akhirnya diadakan sebuah ritual yang diikuti segenap masyarakat demi menutup sumber air tersebut.

Namun menurutnya cerita paling benar dan riwayat paling sahih adalah dikarenakan wilayah Sumber memiliki limpahan air yang sangat banyak dan memudahkan warganya untuk mengambil dengan hanya sekali cangkul selalu muncul air, tanpa harus menggali terlalu dalam untuk membuat sumur.

Hal ini sangat memungkinkan dikarenakan Kelurahan Sumber sendiri diapit oleh dua sungai antara Sungai Gajah Putih dan Sungai Sumber.

Pada tahu 1990-an Kelurahan Sumber masih sering mengalami musibah banjir akibat dua sungai tersebut, namun saat ini setelah banyak dilakukan kegiatan normalisasi yang dilaksanakan secaras swadaya oleh masyarakat volume air menjadi lebih baik dan banjir sudah dapat diatasi.

Perlu diketahui bahwa saat ini desa tersebut menjadi tempat rumah Jokowi beserta keluarganya saat masih menjadi pengusaha hingga menjadi walikota Solo.

Setelah pindah ke Jakarta untuk menjadi Presiden Republik Indonesia, perhatian terhadap kelurahan terutama di area rumah Jokowi masih cukup intens, dan di beberapa momen tertentu selalu diperketat dengan pengamanan dari Paspampres.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved