Terdengar Suara Embikan Kambing di Monumen Pers Nasional, Ternyata Ini Faktanya

Pemancar RRI Solo yang mengeluarkan suara embikan kambing di salah satu sudut museum Monumen Pers Nasional

Terdengar Suara Embikan Kambing di Monumen Pers Nasional, Ternyata Ini Faktanya
tribunsolo.com/muhammad irfan al amin
Salah satu sudut radio kambing di Monumen Pers nasional 

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Muhammad Irfan Al Amin

Salah satu sudut radio kambing di Monumen Pers nasional
Salah satu sudut radio kambing di Monumen Pers nasional (tribunsolo.com/muhammad irfan al amin)

Tribunsolowiki.com - Monumen Pers Nasional yang terletak di Jalan Gajahmada, Kecamatan banjarsari, Surakarta menimpan ribuan koleksi arsip pustaka pers Indonesia sejara pra-kemeredekaan.

Selain hal tersebut ada sebuah aset yang tersimpan dan menjadi petunjuk memoar dalam sejarah pers Indonesia, yaitu transmitter "Radio Kambing".

Julukan "Radio Kambing" sendiri muncul dari para pendengarnya yang kerap kali muncul suara embikan kambing di kala mereka siaran.

Tentu suara itu muncul karena mereka siaran di sebuah kandang kambing, tepatnya di Desa Balong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, demi menghindari kejaran tentara Belanda yang mengejar mereka, demi mencegah tersiarnya kabar kemerdekaan Indonesia.

Hingga akhirnya Indonesia merdeka, pemancar tersebut dikembalikan ke kota Surakarta atas perintah Kepala RRI, R. Maladi.

Di saat wartawan TribunSolo melakukan kunjungan disediakan tiga buah tablet digital yang dapat memperagakan suara kambing dan suara Soekarno saat membacakan teks proklamasi.

Selain menjadi pemancar ketika siaran kemerdekaan, pada tahun1936 sempat digunakan oleh Gusti Nurul, putri Mangkunegara VII, untuk melakukan sendratari di Belanda dengan iringan musk gamelan yang dilakukan di Solo pada saat pernikahan Putri Juliana dan Pangeran Bernhard di Istana Noordiende Den Haag.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved