Bentara Budaya Balai Soedjatmoko

Mengenal Balai Bentara Balai Soedjatmoko yang didirikan oleh Kompas Gramedia, yang terinspirasi dari sosok Soedjatmoko, Rektor Universitas PBB

Bentara Budaya Balai Soedjatmoko
tribunsolo.com/muhammad irfan al amin
Penghujung ruangan Bentara Budaya Balai Soedjatmoko 

Profil Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo

Sudut ruangan Bentara Budaya Balai Soedjatmoko
Sudut ruangan Bentara Budaya Balai Soedjatmoko (tribunsolo.com/muhammad irfan al amin)

TRIBUNSOLOWIKI.COM - Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo merupakan lembaga kebudayaan milik Kompas Gramedia.

Mulai aktif sejak tahun 2003, Balai Soedjatmoko pertama dikelola oleh Toko Buku Gramedia dan di pertengahan 2009 mulai dikelola oleh Bentara Budaya.

Terletak di kawasan pusat Kota Surakarta, Balai Soedjatmoko bedekatan dengan Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi dan Rumah Dinas Walikota Surakarta.

Kota Solo atau Surakarta sendiri merupakan kota seni budaya yang memiliki banyak arena seni kebudayaan seperti taman Budaya Jawa Tengah, Gedung Wayang Orang, Taman Balekambang, Taman Sriwedari, Gedung Kesenian Solo dan Ngarsopurpo.

Hal tersebutlah yang menyebabkan Kompas Gramedia memilih Solo untuk dibuka Balai Bentara selain di Jogja dan Jakarta, dan  Balai Soedjatmoko terpilih untuk dijadikan balai budaya , dan secara keseluruhan kegiatan dilakukan dengan orientasi non-profit.

Aktifitas di Balai Soedjatmoko meliputi kegiatan seni budaya, seperti: Keroncong Bale, Parkiran Jazz, Blues on Stage, Macapat Soedjatmakan dan Klenengan Selasa Legen.

Adapun kegiatan akademik seperti, diskusi sastra, diskusi kajian Solo yang diikuti oleh berbagai kalangan dari dalam maupun luar kota Solo.

Dilansir dari website Bentara Budaya, bahwa Balai Soedjatmoko atau Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo, merupakan salah satu pelopor dari kegiatan seni dan budaya di kota Surakarta yang dilakukan swasta.

Menurut Muhammad Safroni selaku Kepala Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo, saat ini Bentara Budaya memiliki 9 orang kurator.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved