Mengenal Bentara Budaya Balai Soedjatmoko, Tempat Warga Solo Mengekspresikan Seni Budaya

Mengenal Balai Soedjatmoko, kawasan budaya dan seni milik Kompas Gramedia yang dapat diakses oleh setiap warga

Mengenal Bentara Budaya Balai Soedjatmoko, Tempat Warga Solo Mengekspresikan Seni Budaya
tribunsolo.com/muhammad irfan al amin
Sudut ruangan Bentara Budaya Balai Soedjatmoko 
Hasil jepretan foto pameran
Hasil jepretan foto pameran "Republik Kresek" di Bentara Budaya Balai Soedjatmoko (tribunsolo.com/muhammad irfan al amin)

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM - Balai Soedjatmoko merupakan ruang kesenian yang dikelola oleh Bentara Budaya Solo dibawah naungan Kompas Gramedia.

Mulai aktif sejak tahun 2003, Balai Soedjatmoko pertama dikelola oleh Toko Buku Gramedia dan di pertengahan 2009 mulai dikelola oleh Bentara Budaya dengan Bentara Budaya Jakarta dan Yogyakarta.

Terletak di kawasan pusat Kota Surakarta, balai ini bedekatan dengan Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi dan Rumah Dinas Walikota Surakarta.

Aktifitas dari Balai Sodjatmoko sendiri meliputi kegiatan seni, seperti, Keroncong Bale, Parkiran Jazz, Blues on Stage dan Klenengan Selasa Legen.

Adapun kegiatan akademik seperti, diskusi sastra, diskusi kajian Solo yang diikuti oleh berbagai kalangan dari dalam maupun luar kota Solo.

Dilansir dari website Bentara Budaya, bahwa Balai Soedjatmoko atau Bentara Budaya Solo, merupakan pelopor dari kegiatan seni dan budaya di kota Surakarta yang dilakukan di area swasta.

Menurut Muhammad Safroni selaku Kepala Balai Soedjatmoko'>Bentara Budaya Balai Soedjatmoko Solo, saat ini terdapat 9 kurator seni yang aktif di Balai Soedjatmoko.

Mereka bertugas dalam menilai dan menimbang segala kegiatan yang akan diselengarakan, sehingga terdapat standar kurator yang harus dipenuhi agar dapat tampil.

Masyarakat umum dapat mengikuti dan menampilkan pameran seni selama lolos verifikasi kurator dan tidak melanggar etika seni seperti pornografi ataupun pelanggaran terhadap ras suku maupun agama.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved