Harapan Ahli Waris Terhadap Konservasi Barang Peninggalan Samanhudi

Harapan ahli waris dari Haji Samnhudi terhadap pemerintah pusat maupun daerah agar melestarikan dan mengembalikan segala peninggalan dari Samanhudi

Harapan Ahli Waris Terhadap Konservasi Barang Peninggalan Samanhudi
tribunsolo.com/irfanamin
Cicit Samanhudi, Yuyun Damayanti, sembari membawa plakat penghargaan dari pemerintah kepada Haji Samnhudi sebagai Pahlawan Perintis Kemerdekaan 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TribunSoloWiki.com - Salah seorang pahlawan perintis kemerdekaan yang sering luput oleh generasi saat ini adalah Haji Samanhudi.

Sosok pendiri dari Sarekat Dagang Islam yang dipertengahan jalan berubah menjadi Sarekat Islam guna memperluas peran dan pengaruhnya.

Kealpaan para generasi muda terhadap sejarah Haji Samanhudi dapat dirasakan dari minimnya literasi dan referensi mengenai diri pribadinya.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang cicit dari Haji Samanhudi, Yuyun Damayanti.

Yuyun berharap ada upaya pengembangan dan pengenalan kepada generasi muda mengenai sosok kakek buyutnya, sehingga generasi muda kedepannya dapat mempelajari dan meneladani.

Keprihatinan Yuyun juga terketuk ketika melihat banyak barang warisan dari kakek buyutnya yang kini telah lenyap atau berpindah tangan tanpa jelas diketahui siapakah pemiliknya saat ini.

Sehingga dirinya berharap ada sebuah upaya dari pemerintah baik daerah maupun pusat untuk konservasi barang peninggalan milik kakeknya.

Dirinya juga menunjukkan sebuah rumah yang kini selalu tertutup dan terkunci dengan sebuah pagar tembok besar menutupi, dan juga sebuah gedung yang dulu bekas pabrik batik kakeknya dan kini beralih fungsi menjadi gedung olahraga.

Saat ini, walaupun telah ada Museum Samanhudi, namun tempat itu berdiri bukan atas prakarsa pemerintah namun atas ide dan bantuan dari Yayasan Warna Warni Indonesia, sehingga saat ini perhatian dari dinas maupun instansi pendidikan dan kebudayaan sangatlah dinanti.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved