Mengenal Marbingah, Sosok Istri Kedua Samanhudi

Sosok Marbingah yang sering luput dari sejarah, istri kedua Samanhudi yang juga putri bangsawan Mangkunegaran

Mengenal Marbingah, Sosok Istri Kedua Samanhudi
tribunsolo.com/irfanamin
Dokumentasi foto Ibu Marbingah 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TribunSoloWiki.com, Solo - Tidak banyak yang tahu mengenai sosok istri kedua dari haji Samnhudi yang bernama Marbingah.

Sosok putri berdarah Mangkunegaran, yang dipersunting oleh Samanhudi setelah sebelumnya menikah dengan Suginah anak Kiai Badjuri, tokoh agama Islam di wilayah Laweyan.

Dari pernikahan antara Samanhudi dan Marbingah lahir seorang anak yang diberi nama Muhammad Zein, namun seiring waktu dan ketika dewasa Zein merubah namanya menjadi Sumaryono.

Pernikahan antara Samanhudi dengan Marbingah tidak berlangsung lama hingga talak dijatuhkan oleh Samanhudi kepada istri keduanya tersebut.

Menurut salah seorang cucu Samanhudi dari Marbingah, Hendro Atmojo, bahwa kisah talak tersebut bermula disaat salah seorang sahabat dari Samanhudi bernama Demang Sastro, salah seorang bangsawan Mangkunegaran hendak meminta salah satu anak dari Samnhudi yang berjumlah 9.

Permintaan tersebut dikabulkan, dan tidak hanya diberikan anak tersebut, bahkan sang ibu dengan ikhlas juga disertakan dalam pemberian kepada Demang Sastro.

Maka itulah perpisahan antara Marbingah dengan Samanhudi, hanya sebatas talak kata, tanpa ada proses perceraian yang tercatat dalam pengadilan.

Hendro juga menjelaskan bahwa sang nenek hidup bersama Demang di wilayah Banjarsari, Solo bagian utara hingga akhir hayatnya dan saat ini keduanya dimakamkan berdampingan antara Demang Sastro dan Marbingah.

Selama perkawinan antara Demang Sastro dan Marbingah keduanya tidak dikarunia keturunan, maka Zein atau Sumaryono menjadi anak semata wayang hingga akhir hayat.

Meskipun berpisah kedua orang tuanya, Sumaryono tetap mengayomi ayahnya hingga akhir hayat, yang dimana meninggal di wilayah Prambanan, Kabupaten Klaten.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved