Mengenal Samanhudi, Sosok Perintis Kemerdekaan Bernama Kecil Sudarno Nadi

Mengenal Samanhudi, yang bernama kecil Sudarno Nadi. Sukses menjadi pedagang batik dan berkiprah dalam dunia persarekatan

Mengenal Samanhudi, Sosok Perintis Kemerdekaan Bernama Kecil Sudarno Nadi
tribunsolo.com/irfanamin
Foto Samanhudi dan istri, Suginah 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO - Apabila mendengar Sarekat Islam, tentu akan lekat dalam bayangan adalah H.O.S Tjokroaminoto, sebagai salah ketua dan penggeraknya, dan Surabaya akan lekat sebagai kota pergerakannya. 

Namun ada sosok di balik semua itu yang menjadi pencetus dan peletak ide dasar, dialah Samanhudi.

Sang pemilik nama kecil, Sudarno Nadi, lahir dari seorang saudagar batik yang kelak akan diteruskan olehnya dikala dewasa yaitu Haji Ahmad Zein.

Bersamanya terdapat dua orang saudara yaitu Alwi dan Amir yang kesemuanya merupakan haji dan tentu dari kalangan berada. 

Lahir dari keluarga islami, membuatnya mendapat kesempatan akan pendidikan yang baik, dirinya sempat menduduki bangku sekolah dasar Bumiputera meskipun hanya hingga dua tahun. 

Walaupun pendidikan formal hanya dua tahun, Samanhudi kecil tak urung dalam belajar, dia kunjungi berbagai tempat pembelajaran agama baik langgar maupun pesantren, dari sekitar Laweyan hingga di berbagai wilayah Jawa, dari barat hingga timur, dan salah seorang gurunya adalah Kiai Djodjerno dari Surabaya.

Oleh karena latar belakang keluarganya yang baik dan ilmu agamanya yang mumpuni, maka dijodohkanlah dengan seorang anak Kiai yang masih berada di satu wilayah Laweyan, seorang gadis bernama Suginah, anak Kiai Bajuri.

Momentum pernikahan tersebut membuatnya mengganti namanya dari Sudarno Nadi menjadi Wirjowikoro, yang diadaptasi dari nama kakek dari ayahnya, Kartowikoro.

Pasca menikah dengan Suginah, Wirjowikoro kembali menikah dengan Marbingah, seorang putri keluarga Mangkunegaran.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved