Samanhudi serta Kiprahnya di Sarekat Islam dan Perintisan Kemerdekaan

Sarekat Islam dan Samanhudi sangat lekat dan tidak bisa dipisahkan, atas kinerja dan kerja kerjanya maka dianugerahi Pahlawan Perintis Kemerdekaan

Samanhudi serta Kiprahnya di Sarekat Islam dan Perintisan Kemerdekaan
Tribunnewswiki.com
Foto Haji Samanhudi dengan latar belakang rapat Sarekat Islam 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO - Mendengar Sarekat Islam maka akan terlintas dalam bayangan kita mengenai sosok H.O.S Tjokroaminoto dan Haji Agus Salim.

Namun ada sosok pelopor dan peletak ide dasar mengenai sarekat pertama yang memiliki dasar agama dalam ide pemikirannya.

Maka Samanhudi ialah sang pencetus dan pemilik ide dasar itu.

Semua itu berawal pada tahun 1911, ketika terdapat sebuah perkumpulan bernama Kong Sing yang beranggotakan dua golongan yaitu Bangsa Jawa dan China.

Perkumpulan ini mengangkat sifat koperasi dimana para nggota merupakan saudagar, sehingga dapat menjaga kerukunan antar golongan.

Semula kegiatan dalam perkumpulan lancar dan damai sebagaimana mestinya, namun perpecahan mulai terjadi disaat anggota dari Golongan China yang semula 50 persen naik menjadi 60 persen sehingga menimbulkan ketimpangan jumlah.

Hal ini didasari oleh berhasilnya revolusi dan lahirnya pemerintah republik di bawah pimpinan Dr. Sun Yat Sen dan membuat mereka semakin jumawa.

Hingga perpecahan pun terjadi, maka golongan Jawa berkeluaran satu persatu dari perkumpulan Kong Sing dan terbentuklah Sarekat Dagang Islam.

Didirikan oleh Haji Samanhudi dengan uluran bantuan dari R.M. Tirtodisurjo.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved