Patung Slamet Riyadi

Mengenal sosok pahlawan pasca kemerdekaan yang berjuang dalam melawan agresi Belanda dan gugur dalam penumpasan pemberontak Republik Maluku Selatan

tribunsolo.com
Sosok Slamet Riyadi yang diabadikan dalam patung di Kota Surakarta 

Riwayat Berdirinya Patung Slamet Riyadi

Berdirinya patung monumen patung Slamet Riyadi yang dimulai pada Senin 18 Februari 2006 sebagai peletakkan batu pertamanya.

Bangunan tersebut berhasil diselesaikan dan diresmikan pada 12 November 2007.

Peletakan batu pertama dan peresmian patung Slamet Riyadi dilakukan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Djoko Susanto dan Walikota Surakarta saat itu, Joko Widodo.

Pembangunan patung tersebut menghabiskan dana sekitar Rp. 350 juta yang secara keseluruhan diambil dari dana kas TNI, sedangkan Pemerintah Kota Surakarta ikut membantu sebagian yaitu pada fondasi patung.

Secara ukuran monumen patung Slamet Riyadi memiliki bentuk visual dengan tinggi 7 meter ditambah landasannya memiliki 4 meter, sehingga total keseluruhan tingginya adalah 11 meter.

Total tinggi 11 meter tersebut tidak bertentangan dengan aturan dari pihak keraton yang menghendaki agar tidak lebih tinggi dari tinggi gapura keraton Surakarta.

Dalam proses pembangunan  patung, Danrem Komando Resort Militer 074/Warastratama yang juga  mantan asisten teritorial Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Ngakan Gede Sugiarta secara langsung memimpin proyek dengan dibantu oleh Dandim Komando Distrik Militer 0735/Surakarta (atau Kodim 0735/Surakarta) Letkol. Inf. Sadputro Adi Nugroho.

Secara desain maupun ukiran merupakan hasil karya salah seorang seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta salah seorang pemahat patung ternama yang ikut mendesain patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Dipilihnya I Nyoman Nuarta merupakan hasil instruksi Mayjen Ngakan Gede yang kebetulan keduanya berasal dari satu daerah yang sama yaitu Bali, dan sang Danrem telah mengetahui kapabilitas sang seniman tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved