Mengenal Kampung Batik Kauman, Tempat Para Ulama yang Kini Menjadi Sentra Industri Batik

Banyak masyarakat mengenal Kampung Kauman di Kota Surakarta sebagai tempat destinasi belanja namun tak banyak yang tahu akan sejarah latar belakangnya

Mengenal Kampung Batik Kauman, Tempat Para Ulama yang Kini Menjadi Sentra Industri Batik
TRIBUNSOLO.COM/MUHAMMAD IRFAN AL AMIN
Foto suasana depan kantor kelurahan Kauman 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI. COM, SOLO -Mengenal Kota Surakarta, tentu sangat identik dengan ragam budaya dan seni yang telah ada sejak Indonesia belum merdeka.

Salah satunya adalah batik yang menjadi ikon Kota Surakarta dan selalu dicari oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang selalu berkunjung untuk menjadi buah tangan.

Maka Kelurahan Kauman menjadi salah satu jawaban untuk menjadi destinasi wisata dan belanja batik.

Kauman secara geografis sangat lekat dengan Keraton Surakarta dan Masjid Agung, sehingga kedekatan dengan dua tempat tersebut lingkungan keislaman sangat kuat.

Secara historis, Kauman memiliki keterkaitan dengan keberadaan Keraton Kasunanan Surakarta, bahkan usianya sama dengan Masjid Agung Surakarta yang dibangun oleh Pakubuwono III tahun 1757.

Menurut Sekretaris Kelurahan Kauman, Katiman Najib, asal kata Kauman berasal dari dua kata yaitu Kaum dan Beriman sehingga dijadikan satu menjadi Kaum Beriman dan oleh masyarakat mulai disebut dengan Kauman.

Berdirinya Masjid Agung merupakan bentuk tanggung jawab raja Kasunanan Surakarta yang memiliki gelar Sayyidin Panatagama Khalifatullah yang berarti raja dan pemimpin agama.

Suasana Masjid Agung Surakarta di wilayah Kelurahan Kauman
Suasana Masjid Agung Surakarta di wilayah Kelurahan Kauman (tribunsolo.com/ muhammad irfan al amin)

Sebagai pelaksana dan perawat masjid, maka raja juga mengangkat penghulu yang diberi hak pakai atas sebidang tanah yang terletak di sebelah utara masjid.

Oleh Kasunanan Surakarta dibuat sebuah aturan bahwa tanah sekitar keraton hanya boleh ditempati oleh rakyat yang beragama Islam.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved