Libatkan Masyarakat dalam Atasi Bencana, PMI Surakarta Aktifkan SIBAT

Libatkan masyarakat dalama penanggulangan bencana PMI Surakarta adakan kegiatan SIBAT

zoom-inlihat foto Libatkan Masyarakat dalam Atasi Bencana, PMI Surakarta Aktifkan SIBAT
Dokumentasi PMI SURAKARTA
Kegiatan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) di wilayah Kota Surkarta

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO -Guna menjangkau kebutuhan masyarakat desa ataupun kelurahan yang ada di Kota Surakarta, terutama dalam penanggulangan bencana ataupun tindakan medis lainnya, PMI Surakarta menginisiasi adanya siaga bencana berbasis masyarakat atau dikenal dengan istilah SIBAT.

Kepala Markas PMI, Agus Setyo Utomo, menjelaskan bahwa dengan terbentuknya SIBAT, PMI dapat melakukan pemberdayaan masyarakat agar mereka dapat menurunkan tingkat resiko dampak akibat bencana baik alam maupun non-alam di wilayahnya.

Diantara caranya dengan membekali masyarakat keterampilan dasar dasar dalam pertolongan sehingga apabila terjadi bencana para masyarakat dapat bekerjasama dengan instansi terkait ataupun para pemangku kebijakan.

Agus juga menambahkan bahwa SIBAT di Kota Surakarta telah mengadakan kolaborasi dan kerja sama dengan International Federation of Red Cross adn Red Crescent Societias (IFRC).

Salah satu bentuk kerja sama yang telah dihasilkan adalah mengadakan program Community Flood Resilience yaitu upaya pemberdayaan masyarakat ketika menghadapi bencana.

Dalam kegiatannya Sibat Surakarta juga turut aktif dalam membantu kegiatan Pemerintahan Kota seperti mitigasi bencana di sekitar sungai Bengawan Solo dan tindakan menghadapi bencana lainnya.

Saat ini SIBAT PMI Surakarta telah diakui secara nasional hingga internasional, terbukti saat ada kegiatan yang melibatkan palang merah internasional di berbagai negara mereka diikutsertakan sebagai relawan.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved