Gesang, Maestro Musik Asal Solo yang Dikenal hingga Mancanegara

Gesang adalah komposer musik legendaris dengan karya puluhan serta kenangan akan kebaikan, beginilah kisahnya

TRIBUNSOLO.COM/MUHAMMAD IRFAN AL AMIN
Gesang dengan anggota orkestra keroncong pasca tampil di Taman Gesang, Surakarta 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO -Suara Gesang dalam menyanyikan lagu Bengawan Solo tidak hanya di dalam negeri saja namun hingga mancanegara.

Bahkan lagu Bengawan Solo banyak dikagumi oleh masyarakat asing seperti Myanmar, Thailand, Hongkong hingga Jepang.

Menurut Margaret Kartomi seorang akademisi dari Monash University, Australia, bahwa lirik dan irama lagu ciptaan Gesang memiliki ciri khas yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan tanpa memandang latar belakang budaya dan bahasa.

Danis Sugiyanto, seniman dan akademisi dari ISI Surakarta juga menyebutkan bahwa Bengawan Solo menjadi salah satu lagu pilihan Kaisar Jepang dalam rangka merangkul "saudara muda" asal Indonesia.

Lagu tersebut dipilih agar dapat menarik simpati para masyarakat, mengingat Jepang banyak mengalami kekalahan dalam menghadapi Perang Dunia II.

Selain itu Danis juga menjelaskan lagu keroncong ciptaan Gesang memiliki kesamaan dengan tangga nada instrumen musik milik Tiongkok.

Karena kepiawannya pula Gesang sempat menjadi Duta Seni Kepresidenan Indonesia di tahun 1963 ke Tiongkok dengan membawa dua lagu yang terkenal di sana yaitu, Bengawan Solo dan Sapu Tangan.

Kecintaan masyarakat Asia Pasifik tidak sebatas hanya mendengar dan menyanyikan lagu-lagu Gesang saja, namun juga ikut mempelajarinya.

Di tahun 1975, Pemerintah Jepang menjadikan lagu Bengawan Solo menjadi salah satu bahan ajar mereka bagi murid-murid di pendidikan dasar.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved