Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki

Mengenal Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki yang bergerak di bidang dakwah dan bertempat di Kabupaten Sukoharjo

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki
Dokumentasi Pondok Al Mukmin Ngruki
Suasana Halaman Depan Gedung Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki 

Profil dan Sejarah Singkat Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki

TRIBUNSOLOWIKI.COM - Perkembangan pendidikan agama Islam dengan berbasis pesantren mengalami kemajuan yang pesat, terbukti dengan banyaknya pondok pesantren yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Salah satunya adalah Pondok Pesantren Islam Al Mukmin yang letaknya di Ngruki, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Pondok Pesantren Al Mukmin didirikan oleh Abu Bakar Ba'asyir, Abdullah Sungkar, Abdullah Baradja, Yoyok Rosywandi, Abdul Qohar Daeng Matase, Hasan Basri dan beberapa pihak lainnya.

Menurut Abdul Rahim, salah seorang putra Abu Bakar Ba'asyir, bahwasanya inisiasi pesantren Al Mukmin Ngruki berawal dari Abu Bakar Baasyir bersama kawan-kawannya satu almamater dari Pondok Modern Darussalam Gontor.

Mengingat mereka mendapat pesan dari guru mereka di Gontor yaitu, Kiai Imam Zarkasyi, untuk membangun pesantren di daerah mereka setelah lulus sekolah.

Meskipun Abu Bakar Baasyir alumni Gontor, namun dirinya melakukan kerjasama dengan berbagai alumni perguruan ataupun pesantren lainnya di Indonesia.

Seperti dari unsur Al Irsyad yang diwakili oleh Abdullah Sungkar, Muhammad Natsir, Abdullah Baradja dan Abu Bakar Baasyir sendiri juga memiliki latar belakang Al Irsyad selain Gontor.

Dari Pesantren Bangil, Pasuruan ada Ahmad Husnan, Muhammad Ilyas, dan Suwardi.

Ketiganya sebelum bergabung dalam kepengurusan Pondok Al Mukmin, mereka sempat bergabung dan aktif di Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Surakarta.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved