Gesang hingga Glenn Fredly Pernah Rekaman di Lokananta

Para artis dan seniman dari berbagai kota pernah melakukan rekaman di Lokananta sejak awal berdirinya

TRIBUNSOLO.COM/MUHAMMAD IRFAN AL AMIN
Suasana rekaman musik dari band The Rollies di studio Lokananta 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO -Saat TribunSolo mengunjungi Gedung Tengah Lokananta, terlihat sebuah ruangan yang difungsikan sebagai museum dan menjadi galeri kesenian.

Terlihat berbagai kaset dari pita hingga laser disc semuanya tersimpan rapi dengan berbagai artis yang menjadi bintang kala itu.

Bahkan terdapat juga piringan hitam yang saat ini telah langka dengan berbagai macam jenis lagu dari keroncong, pop bahkan murottal Al Qur'an juga disimpan.

Menunjukkan eksistensi Lokanta sebagai tempat rekaman tidak hanya sebagai rekaman musik namun juga rekaman kegiatan lainnya, seperti ceramah keagamaan hingga tilawah Al Qur'an.

Lokananta yang telah berdiri sejak tahun 1956 telah merekam musisi daerah legendaris seperti Gesang, Sam Saimun, Waldjinah, Buby Chen, dan Jack Lesmana.

Selain musisi daerah, para seniman asal ibukota juga banyak melakukan rekaman di Lokananta.

Diantaranya adalah Glenn Fredly, yang menurut Andi Kusuma selaku manajer pemasaran Lokananta ketika rekaman dilaksanakan pihak Glenn fredly membawa perlengkapan musik hingga mencapai dua truk.

Andi menuturkan bahwasanya Glenn Fredly dengan Lokananta yang memiliki ruangan studio yang sangat besar dan mampu menampung berbagai macam alat musik.

Bahkan Glenn Fredly menggelorakan kampanye Save Lokananta, mengingat kala itu Lokananta sempat dilupakan oleh publik maka Grenn Fredly mengkampanyekan dan mengajak para artis serta musisi untuk melakukan rekaman di Lokananta.

Pesona Lokananta sebagai tempat rekaman, juga dirasakan sang The Lord of Broken Heart, Didi Kempot.

Sebelum meninggalnya, Didi Kempot sempat melakukan siaran live yang ditayangkan di Kompas TV guna pengumpulan donasi pengentasan Covid 19.

Didi Kempot yang juga menyanyikan lagu Pamer Bojo dalam konser amal tersebut, berhasil mengumpulkan donasi hampir mencapai angka Rp 5 miliar.

Karena peran Didi Kempot di Lokananta yang behasil mengumpulkan donasi hingga angka miliaran, Wali Kota Solo mengusulkan untuk mendirikan patung Didi Kempot di halaman Studio Lokananta.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved