Kedekatan Soepomo dan Kota Solo

Soepomo dilahirkan di Sukoharjo namun kiprahnya serta masa remajanya banyak dihabiskan di Kota Solo, bahkan jodoh dia temukan saat bersekolah di Solo

zoom-inlihat foto Kedekatan Soepomo dan Kota Solo
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sampul buku biografi Prof.Dr.Mr.Soepomo yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1970/1980

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO - Kabupaten Sukaharjo dan Kota Solo menjadi dua wilayah yang sangat berpengaruh dalam kehidupan Soepomo.

Soepomo lahir di Kabupaten Sukoharjo yang secara aspek geografis termasuk dalam kategori kurang subur.

Walaupun apabila dibandingkan dengan Kabupaten Wonogiri atau Purwodadi hingga Grobogan yang dikenal dengan daerah kering.

Meskipun begitu Sukoharjo juga menempati jalur strategis sebagai penghubung antar kota dan antar daerah.

Sebagai anak lelaki pertam di keluarganya, Soepomo menjadi sangat dicintai oleh keluarganya, terutama dari para kakek dan neneknya.

Karena keluarga besanya percaya "bocah lanang bisa mikul duwur" bahwa seorang anak laki-laki mampu mengangkat nama harum keluarga setingi-tingginya dan berkewajiban atas para leluhurnya.

Sama seperti daerah lainnya di era kolonial, pribumi kala itu tidak dapat kesempatan pendidikan yang sama apalagi setara dengan para golongan Belanda.

Maka sebagai pertama dari Bupati Anom Inspektur Hasil Negeri Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dirinya berhasil menamatkan sekolah tinggi yang mana saat itu bagi pribumi hampir tidak ada yang serupa.

Kisahnya dengan Kota Solo semakin merekat saat menempuh pendidikan sekolah menengah di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO).

Disini karisma seorang Soepomo semakin nampak dan berhasil mendapat simpati dari teman-teman sebayanya yang notabene merupakan warga kota sedangkan dirinya merupakan orang desa.

Di Solo pula, Soepomo bertemu dengan cinta pertama yang juga menjadi istrinya, yaitu putri keraton Raden Ajeng Kushartati.

Setelah melalang buana ke berbagai kota di Indonesia, akhirnya Soepomo meninggal pada 12 Desember 1958.

Setelah mengalami serangan jantung dan disemayamkan di pemakaman keluarga ningrat Keraton Kasunanan Surakarta.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved