Lokananta: dari Pusat Rekaman Menjadi Wisata Edukasi

Menghadapi beragam kondisi saat ini, Lokananta berkembang dari perusahaan rekaman hingga saat ini menjadi usaha destinasi wisata

Lokananta: dari Pusat Rekaman Menjadi Wisata Edukasi
TRIBUNSOLO.COM/MUHAMMAD IRFAN AL AMIN
Suasana halaman dari Lokananta 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO -Saat ini Lokananta tidak hanya sekedar menjadi tempat rekaman semata, namun juga menjadi destinasi wisata.

Hal tersebut disampaikan oleh Andi Kusuma sebagai manajer pemasaran dari Lokananta.

Kemajuan zaman dan persaingan pasar tidak bisa membuat perusahaan yang berada di bawah BUMN hanya diam dan pada usaha rekaman saja.

Bahkan Andi menawarkan sejumlah paket foto bagi pasangan yang ingin melakukan pre-wedding dengan latar belakang Gedung Lokananta yang memiliki arsitektur kuno.

Andi menjelaskan usaha dari Lokananta tersebut guna bertahan di era saat ini, dimana usaha rekaman tidak hanya dimiliki pada perusahaan besar namun juga usaha yang kecil sekalipun.

Bahkan Andi menyebutkan, pegawai dari Lokananta dapat dikatakan 'gila' karena berani berjuang dan melakukan banyak hal guna mempertahankan keadaan di tengah persaingan di industri musik.

Diantara tindakan tersebut tidak jarang mendapat beragam komentar hingga penolakan dari pemerintah pusat selaku badan yang menaungi Lokananta karena dianggap bertentangan dengan birokrasi dan aturan berlaku.  

Namun semua itu tetap dilakukan oleh Andi dan pada perkembangannya saat ini Lokananta sering dikunjungi oleh masyarakat umum dengan cukup membayar tiket yang harganya cukup terjangkau.

Ruang rekamannya pun saat ini tidak hanya difungsikan sebagai ruang rekaman saja namun juga sebagai ruang konser dengan kapasitas 150 orang.

Lokananta juga mampu menghadirkan acara musik secara langsung, dan sempaqt ditayangkan di beberapa stasiun televisi nasional seperti Kompas TV.

Saat ini, menurut Andi, Lokananta berupaya merubah persepsi masyarakat dari yang sebelumnya hanya sebagai studio rekaman namun juga mampu sebagai fasilitas publik guna beragam kegiatan, dari wisata hingga konser.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved