Mengenal Monumen 45 Banjarsari: Wisata Alternatif Nan Bersejarah Kota Surakarta

Monumen 45 Banjarsari, sebuah monumen yang di dalamnya juga terdapat taman serta beberapa fasilitas publik lainnya.

TRIBUNSOLO.COM/MUHAMMAD IRFAN AL AMIN
Suasana halaman dan taman Monumen 45 Banjarsari 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO –Monumen Banjarsari atau Taman Banjarsari merupakan sebuah taman yang terletak di wilayah Kota Surakarta.

Secara geografi Monumen Banjarsari berdekatan dengan Pasar Legi, menghadap ke arah barat akan terhubung ke Stasiun Balapan apabila ke arah selatan kan berdekatan dengan Kawasan Mankunegaran, sedangkan di utara akan dipertemukan dengan Terminal Tirtonadi.

Secara historis monumen tersebut dibangung sebagai bentuk peringatan atas salah satu peristiwa bersejarah di Kota Surakarta yaitu serangan umum Surakarta.

Adapun lokasinya adalah tempat berlangsungnya serangan umum terjadi yang digagas oleh Letnan Kolonel Slamet Riyadi dan rekannya Mayor Ahmadi.

Pemerintah mendirikan Monumen 45 Banjarsari sebagai bentuk peringatan sejarah atas perjuangan rakyat Surakarta pada peristiwa serangan umum empat hari di Solo.

Pada tanggal 10 November 1976 Monumen 45 Banjarsari diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Soepardjo Roestam setelah sebelumnya menghabiskan waktu tiga tahun guna proses pembangunan.

Peresmian dilaksanakan bertepatan pada peringatan hari pahlawan yang diselenggarakan setiap tanggal 10 November.

Bangunan dari monumen itu memiliki struktur berbentuk atap rumah joglo dengan ketinggian 17 meter memperlambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia.

Di sisi selatan terdapat tiga patung yang terdiri atas patung prajurit, pemuda pejuang, dan wanita pembawa bakul tempat nasi serta obat-obatan.

Terdapat patung pancasila di sudut atas dari monumen, serat dilengkap dengan beberapa ukiran hiasan relief yang menceritakan mengenai proses perjuangan masyarakat Kota Surakarta dari perang kemerdekaan hingga orde baru.

Di monumen tersebut disediakan sejumlah tempat wifi, ruangan yang bebas dari pedagang kaki lima dan taman bermain yang tematik.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved