Monumen Banjarsari: Cagar Budaya Kota Surakarta yang Mengingatkan Serangan Umum di Surakarta

Wisata bersejarah yang mengajarkan kepada anak muda mengenai Serangan Empat Hari di Kota Surakarta

TRIBUNSOLO.COM/MUHAMMAD IRFAN AL AMIN
Prasasti peresmian Monumen 45 Banjarsari 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO –Kota Surakarta adalah salah satu kota yang memiliki jumlah taman yang cukup banyak dengan total luas keseluruhan 99,085 m2.

Maka Monumen Banjarsari menjadi salah satu objek taman yang sering dikunjungi dan mendapat banyak perhatian dari pemerintah kota setempat.

Taman ini telah mengalamai banyak revitalisasi dan pengembangan sejak awal masa berdirinya, sehingga saat ini nampak indah dan menarik bagi pengunjung.

Seperti yang tertetra pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 05/PRT/M2008 bahwasanya tamankota adalah lahan terbuka yang berfungsi sebagai sarana sosial dan estetika pada tingkat kota.

Perubahan serta revitalisasi telah mengubah banyak hal dari yang semula hanya sebuah bangunan dan taman yang mengitari saat ini mulai ditambah dengan wifi hingga sejumlah taman bermain.

Program revitalisasi didukung atas Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dikarenakan bangunan serta taman tersebut tercatat sevagai cagar budaya.

Kurangnya kesadaran masyarakat membuat fasilitas dari Taman Banjarsari 45 menjadi kurang terawat.

Walaupun demikian masyarakat tetap menikmati, dari sekedar menikmati udara segar hingga beberapa pedagang yang membuka lapak di sekeliling Monumen Banjarsari 45.

Secara historis monumen tersebut dibangung sebagai bentuk peringatan atas salah satu peristiwa bersejarah di Kota Surakarta yaitu serangan umum Surakarta.

Adapun lokasinya adalah tempat berlangsungnya serangan umum terjadi yang digagas oleh Letnan Kolonel Slamet Riyadi dan rekannya Mayor Ahmadi.

Pemerintah mendirikan Monumen 45 Banjarsari sebagai bentuk peringatan sejarah atas perjuangan rakyat Surakarta pada peristiwa serangan umum empat hari di Solo.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved