Gedung Djoeang 45 Surakarta: Dari Markas Koloni Belanda hingga Menjadi Destinasi Wisata

Gedung Djoeang 45 Surakarta yang menjadi pusat tangsi militer Belanda saat ini beralih menjadi destinasi wisata yang diminati banyak warga

tribunsolo.com/muhammadirfanalamin
Suasana salah satu sudut spot foto yang terletak di Gedung Djoeang 45 Surakarta 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO –Berada di pusat jantung Kota Surakarta dan berdampingan dengan Keraton Solo, membuat Gedung Djoeang menjadi kawasan strategis bagi wisata.

Namun sebelum ide mengenai pemberdayaan wisata tersebut muncul, gedung tersebut sering beralih fungsi.

Dari barak militer, poliklinik, panti asuhan hingga sempat mangkrak tanpa ada kepengurusan.

Hingga akhirnya bertepatan pada tanggal 20 September 2019, Gedung Djoeang diolah dan diambil oleh PT. Andalan Solo Baru.

Menurut Henry Poerwantoro, selaku direktur PT. Andalan Solo Baru pihaknya melakukan banyak renovasi dan menambah beragam ornamen guna menarik perhatian masyarakat.

Henry juga menjelaskan dalam pengambilalihan Gedung Djoeang merupakan bentuk kerjasama pihak TNI AD selaku pemegang hak milik dari bangunan dan tanah Gedung Djoeang.

Henry juga bekerjasama dengan banyak pihak terutama dengan Pemerintah Kota Surakarta mengingat bangunan tersebut merupakan salah satu cagar budaya.

Oleh karena itu Henry menyatakan tidak akan melakukan perubahan bentuk gedung sama sekali dan hanya merenovasi beberapa sudut agar tampak indah.

Adapun masyarakat yang ingin hadir ke Gedung Djoeang tidak dipungut biaya apa pun.

Hanya diwajibkan untuk membeli satu porsi es krim gelato yang tersaji di beranda depan saat pertama memasuki ruangan Gedung Djoeang.

Objek wisata yang ditawarkan dari pengelola adalah wisata swafoto baik sendiri, bersama pasangan hingga keluarga.

Selain itu, Henry menambahkan bahwa masyarakat juga bisa melakukan reservasi guna keperluan acara pribadi, seperti acara pernikahan, foto pre-wedding hingga bahkan melakukan seminar.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved