Mengenal Sejarah Monumen Laskar Putri Surakarta

Mengenal salah satu bangunan bersejarah yang terletak bersebelahan dengan Gedung Djoeang 45 yang mengandung nilai perjuangan tentara wanita Surakarta

tribunsolo.com/muhammadirfanalamin
Monumen Laskar Putri Surakarta yang terletak bersebelahan dengan Gedung Djoeang 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO –Sebuah monumen prasasti berdiri di depan Gedung Djoeang guna mengenang perjuangan laskar putri Indonesia Surakarta.

Tertulis bahwa bangunan tersebut diresmikan pada hari Rabu 1 Maret 1989 oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Haryati Soebadio.

Pada Monumen Laskar Putri Surakarta terukir nama-nama para pejuang wanita yang ikut pada perlawanan terhadap Belanda pada 11 Oktober 1945.

Dalam proses berdirinya, menurut Sri Temoe salah seorang mantan anggota Laskar Putri Surakarta, munculnya laskar putri merupakan hasil inisiasi dari Ibu Srini seorang paranormal wanita.

Dalam skripsi Laskar Putri Indonesia: Penggabungan Dengan Laskar Wanita Indonesia Dan Peranannya Dalam Revolusi Fisik Di Yogyakarta (1948-1949), Sri Temoe menyebut bahwa Ibu Srini terinpirasi dari mimpinya untuk membangun sebuah laskar beranggotakan perempuan untuk mengusir penjajah.

Pamor dan wibawa Ibu Srini membuat para pemudi Surakarta yang mayoritas merupakan pelajar untuk ikut serta.

Bahkan para orang tua banyak berharap pada Ibu Srini saat mengantar anak mereka mendaftar menjadi Laskar Putri Surakarta.

Karena mereka meyakini dengan menjadi anggota laskar para anak perempuan akan belajar mengenai tanggung jawab dan kepemimpinan yang dapat bermanfaat saat kembali ke masyarakat.

Para pemudi tersebut diperbantukan untuk mengisi pos Palang Merah Indonesia, hingga menjadi koordinator di bidang logistik di medan perang.

Keberadaan Laskar Putri Surakarta menjadi pemicu munculnya laskar-laskar putri di daerah lain untuk ikut berjuang.

Saat ini nama-nama para pejuang laskar putri terukir pada prasasti monumen dan akan selalu dibaca oleh setiap pengunjung yang hadir ke Gedung Djoeang.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved