Masjid Al Fatih Kepatihan

Mengenal Masjid Al Fatih yang terletak di Kampung Kepatihan yang dihuni oleh bangsawan Kota Surakarta dan terletak di pusat kota

tribunsolo.com/muhammadirfanalamin
Halaman depan dari Masjid Al Fatih Kepatihan 

Profil Masjid Al Fatih Kepatihan

Masjid Al Fatih berdiri pada tahun 1891 masehi atau bertepatan pada 1312 hijriah.

Pendirian masjid tersebut merupakan atas dasar instruksi Sri Susuhunan Paku Buwono X yang dilaksanakan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV selaku Pepatih Dalem.

Menurut Seksi Keamanan Takmir Masjid Al Fatih, Sukardi, masa pendirian masjid tersebut bersamaan dengan dibangunnya "Ndalem Kepatihan" atau yang dikenal saat ini dengan Kampung Kepatihan.

Dilansir dari Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur UNS yang ditulis oleh Dewi Adityaningrum, wiwik Setyaningsih dan Avi Marlina bahwasanya pembangunan masjid bertujuan sebagai bentuk mahar dari sinuhun kepada salah satu istri barunya yang akan dilamar.

Masjid Al Fatih Kepatihan
Masjid Al Fatih Kepatihan (tribunsolo.com/muhammadirfanalamin)

Masjid yang akrab disebut dengan Masjid Kepatihan ini beralamatkan RT 06/RW 01, Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

Hingga saat ini masjid yang telah berdiri lebih dari satu abad tersebut masih terawat dan kondisinya masih baik.

Saat TribunSolo berkunjung ke Masjid Al Fatih, terlihat seluruh bangunan dan kusen seperti pintu, jendela, mimbar hingga beduk dan kentongan seluruhnya masih asli dan belum tergantikan.

Letaknya yang berada di pusat Kota Surakarta menjadikan masjid tersebut ramai dikunjungi oleh banyak jamaah, baik warga sekitar ataupun warga yang sekedar singgah untuk shalat berjamaah.

Menurut Ketua Takmir Masjid Al Fatih Kepatihan, Muhammad Choiri, pada setiap bulan Ramadan secara rutin Masjid Al Fatih Kepatihan selalu mengadakan tadarus Al Qur'an.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved