Mengenal Ki Ageng Sala Sang Leluhur Kota Solo

Asal usul nama Kota Solo tidak bisa lepas dengan kehadiran sosok Ki Ageng Sala, Dialah sosok pemimpin atau lurah dari Desa Sala yang dibeli oleh Kasu

Mengenal Ki Ageng Sala Sang Leluhur Kota Solo
tribunsolo.com
Keraton Surakarta

TRIBUNSOLOWIKI.COM - Asal usul nama Kota Solo tidak bisa lepas dengan kehadiran sosok Ki Ageng Sala.

Dialah sosok pemimpin atau lurah dari Desa Sala yang dibeli oleh Kasunanan Surakarta sebagai wilayah kerajaan atau ibukota.

Desa Sala sendiri merupakan sebuah wilayah perdikan atau area bebas pajak yang berdiri mandiri namun tetap berada di wilayah kedaulatah Kasunanan Surakarta.

Menurut Heri Priyatmoko selaku sejarawan dari Kota Solo, bahwasanya nama Ki Ageng Sala diambil dari nama wilayah Desa Sala tempat dimana dia memimpin.

Selain itu Desa Sala juga identik dengan pohon Sala yang banyak tumbuh di wilayah itu.

Selain bernama Ki Ageng Sala, terdapat nama lain Ki Gede Sala Sala ataupun Kyai Sala yang juga beredar si sekitar cerita masyarakat.

Heri menejelaskan penggunaan nama Ki Gede ataupun Ki Ageng merupakan bentuk penghormatan masyarakat terhadap pemimpin mereka atau sosok tokoh yang mereka segani.

Adapun nama Kyai Sala sendiri hadir akibat akulturasi dengan keberadaan agama islam yang telah masuk ke dalam wilayah Desa Sala.

Sebagai sosok pemimpin di wilayah perdikan yang sangat strategis dan kaya akan sumber daya alam, Ki Ageng Sala sangatlah dihormati dan disegani.

Meskipun tidak ada literatur sejarah yang membahas detail mengenai sosok Ki Ageng Sala, namun masyarakat Kota Solo tetap menghormatinya dan menghargainya sebagai leluhur Desa Sala yang saat ini telah menjadi pusat kota yang ramai.

Saat ini sosoknya dimakamkan di tengah pemukiman Baluwarti berdampingan dengan Keraton Surakarta yang ramai dikunjungi oleh para peziarah hingga sekarang. 

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved