Solo Societeit: Merawat Sejarah dengan Komunitas

Solo Societeit merupakan komunitas berisi para pecinta sejarah asal Kota Solo, dan aktif dalam kegiatan sosial masyarakat dan didirikan oleh

Istimewa
Heri Priyatmoko bersama para pecinta sejarah 

Laporan Wartawan TribunSoloWiki.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLOWIKI.COM, SOLO - Merawat ingatan akan sejarah Kota Solo ternyata tidak bisa dilakukan sendirian.

Hal itulah yang dirasakan oleh Heri Priyatmoko sebagai sejarawan Kota Solo yang telah cukup aktif malang melintang diberbagai media masa.

Dirinya yang merasa telah memiliki cukup banyak panggung, merasa harus berbagai dengan teman-temannya yang juga sesama pecinta sejarah.

Maka Heri mendirikan Solo Sociteit sebuah komunitas pecinta sejarah yang berfokus pada Kota Solo.

Heri mengundang para anak muda dari beragam kalangan dan latar belakang, bahkan banyak yang tidak berkaitan langsung dengan keilmuan sejarah seperti bekerja di bidang media hingga ada pula yang menjadi bidan.

Tidak hanya belajar sejarah, Heri membentuk anggota Solo Societeit sebagai pendongeng yang juga menjadi penutur sejarah.

Oleh karena itu Solo Societeit juga kerap diundang banyak pihak untuk menjadi pembicara dalam forum sejarah, bahkan MTA TV mengontrak Solo Societeit untuk menjadi pengisi di stasiun televisi milik mereka untuk membicarakan sejarah Kota Solo.

Selain itu Solo Societeit juga aktif dalam kegiatan napak tilas mengenai beragam artefak dan cagar budaya yang ada di Kota Solo.

Sebagai pendiri, Heri berharap dengan berdirinya Solo Societeit panggung diskusi sejarah yang biasa diperuntukkan bagi dirinya dapat dilimpahkan kepada anggota Solo Societeit lainnya.

Sehingga dapat terjadi regenerasi sejarawan Kota Solo dan memunculkan bibi pendongeng baru yang kelak dapat menggantikan dirinya.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved