Kelurahan Sudiroprajan

Mengenal Kelurahan Sudiroprajan sebuah wilayah perkampungan tengah kota yang terletak di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

tribunstyle.com
Penampilan liong dan barongsai di Pasar Gede Surakarta 

TRIBUNSOLOWIKI.COM - Kelurahan Sudiroprajan sebuah wilayah perkampungan tengah kota yang terletak di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

Terletak berdampingan dengan Pasar Gede, membuat pemukiman padat penduduk ini menjadi strategis dan sering diperbincangkan.

Hal ini dikarenakan adanya akulturasi budaya antara masyarakat Tionghoa dan Jawa.

Sebagai wilayah yang dihuni oleh mayoritas masyarakat Tionghoa, Kelurahan Sudiroprajan juga disebut sebagai Kampung Pecinan.

Percampuran dua budaya tersebut telah terjadi sejak zaman kolonial Belanda dan Kasunanan Surakarta masih berdiri.

Menurut Latifa Dinar Rahmani dalam jurnalnya yang berjudul Grebeg Sudiro dan Representasi Keberagaman di Sudiroprajan, Kota Surakarta, bahwasanya perpaduan keberagaman dan keharmonisa dua etnis berbeda tidak melalui campur tangan pemerintah.

Alias melalui inisiatif warga yang didasari atas sikap gotong royong.

Esensi hidup berdampingan kedua belah pihak tersebut diwujudkan dalam berbagai macam bentuk kegiatan, seperti Grebeg Sudiro yang dirayakan setiap menjelang tahun baru Imlek.

Saat ini Kelurahan Surdiroprajan terdiri atas 8 perkampungan antara lain Kampung Samakan, Limolasan, Ketandan, Warung Pelem, Kepanjen, Balong, Mijen, dan Ngampil.

Sejarah Keberadaan Kelurahan Sudiroprajan

SD WARGA, salah satu peninggalan bangunan tertua di Kelurahan Sudiroprajan yang masih eksis hingga saat ini
SD WARGA, salah satu peninggalan bangunan tertua di Kelurahan Sudiroprajan yang masih eksis hingga saat ini (tribunstyle.com)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved