Mengenal Taman Satwa Jurug yang Sediakan Wahana Edukasi hingga Pemancingan

Taman Satwa Taru Jurug yang memiliki nama lain Kebun Binatang Jurug adalah salah satu objek wisata di Kota Surakarta yang dibangun pada tahun 1976.

tribunsolo.com/muhammadirfanalamin
Peta Taman Satwa Taru Jurug 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Muhammad Irfan Al Amin

TRIBUNSOLO.COM, SOLO -Taman Satwa Taru Jurug yang memiliki nama lain Kebun Binatang Jurug adalah salah satu objek wisata di Kota Surakarta yang dibangun pada tahun 1976.

Adapun nama Jurug sendiri diambil dari nama Kampung Jurug yang terletak berseberangan dari taman satwa tersebut.

Dilansir dari situs resminya solozoo.id, Taman Satwa Taru Jurug berada di tepi sungai Bengawan Solo.

Bersebelahan dengan perbatasan Kabupaten Karanganyar dan memiliki jarak 10 kilometer dari Pusat Kota Surakarta.

Secara geografis wilayah Taman Satwa Taru Jurug berada 92 meter di atas permukaan laut dengan kondisi topografi perbukitan dan memiliki luas lahan 14 hektar.

Sebagai tempat rekreasi Taman Satwa Taru Jurug menawarkan wisata edukasi dan budaya sehingga tidak hanya disuguhkan dengan penampilan hewan saja namun juga wisata budaya.

Adapun tiket masuk adalah 20 ribu rupiah dan akan mendapat diskon sebeser 10 hingga 30 persen dengan syarat minimal peserta 25 orang. 

Selain itu pihak Taman Satwa Taru Jurug juga menyediakan wahana pemancingan disaat sepi pengunjung dengan membayar tiket 50 puluh ribu rupiah, pengunjung bebas memancing ikan apa pun.

Sebagai bentuk pelestarian budaya diadakan pula kegiatan Kirab Joko Tingkir yang dilaksanakan setiap hari ke-tujuh setelah lebaran.

Menurut Manajer Pemasaran dari Taman Satwa Taru Jurug, Nonot Harwanto, kirab tersebut diikuti oleh lebih dari sepuluh ribu masyarakat.

Karena mereka percaya bahwa di atas tanah Jurug pernah berlabuh seorang legenda yang bernama Joko Tingkir.

Saat ini Taman Satwa Taru Jurug berada di bawah naungan Perusahaan Umum Daerah dan dipimpin oleh seorang direktur, Bimo Wahyu Widodo.

Ikuti kami di
Penulis: irfanamin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved